Hal-Hal Penting Mengenai NSA Amerika Serikat Los Alamos

Hal-Hal Penting Mengenai NSA Amerika Serikat Los Alamos

June 2, 2022 0 By llanscel

Hal-Hal Penting Mengenai NSA Amerika Serikat Los AlamosNational Security Agency (NSA) atau Badan Keamanan Nasional Amerika Los Alamos tentu saja sudah amat populer dan dikenal oleh banyak orang. Pasalnya badan ini merupakan salah satu badan penting di Amerika Serikat yang berfokus dalam kriptografi. NSA ini merupakan badan khusus yang tugasnya melindungi beragam informasi yang dimiliki oleh negara AS dan menganalisis serta mengumpulkan beragam informasi komunikasi milik negara lain. Badan yang posisinya amat penting ini didirikan oleh Presiden Harry S. Truman pada tahun 1952, tepatnya pada 4 November. Saking privatnya hal yang dilakukan oleh NSA ini, terdapat julukan sebagai “mata-mata domestik” yang disematkan pada NSA ini. Berbagai hal yang melibatkan kriptografi bertaraf tinggi dengan sistem teknologi yang terpadu dilakukan oleh NSA ini. Adapun beragam kegiatan yang dilakukan oleh NSA ini ada dua jenis yakni pengamanan serta penyadapan. Untuk pengamanan sendiri dilakukan NSA pada bidang komunikasi sensitif atau rahasia pada pemerintah AS seperti komunikasi diplomatik dan komunikasi militer. Sementara itu untuk kegiatan penyadapannya dilakukan NSA Amerika Serikat Los Alamos pada banyak perangkat dan media, misalnya pada komunikasi internet, radio maupun telepon.

Perlu Anda ketahui bahwa NSA Amerika Serikat Los Alamos ini menjadi bagian dari Departemen Pertahanan milik AS. Kepala atau direktur dari NSA ini berpangkat sebagai Lenan Jendral alias Laksamana Madya. NSA juga masuk dalam IC atau Inteligence Community alias Komitas Intelijen AS yang berperan penting sebagai komponen kunci badan tersebut. Para pegawai dalam NSA ini tentunya dipenuhi oleh ahli matematika yang menguasai kriptografi. Fakta uniknya, Pemerintah AS sendiri pernah tidak mengakui dari NSA ini hingga NSA punya pelesetan nama seperti Never Say Anything dan No Such Agency. Hal ini dikarenakan NSA memang berusaha untuk selalu rendah hati atau Low Profile. NSA juga terlibat langsung dalam pecahan kode maupun sandi serta kriptoanalisis. Tentunya hal ini tak mengherankan mengingat tugas NSA Amerika Serikat Los Alamos sendiri adalah mengumpulkan beragam informasi baik informasi yang rahasia sekalipun. Markas dari badan ini sendiri letaknya berada di Fort Goerge G. Meade, Maryland. Selain punya fasilitas markas besar terdapat beragam fasilitas lainnya yang tak kalah memukau mulai dari pusat kriptologi texas dan masih banyak lagi. Beragam kerja sama juga banyak dilakukan oleh NSA Amerika Serikat Los Alamos ini mulai dari kerjasama dengan industri keamanan komunikasi untuk membuat software dan hardware, penelitian tingkat tinggi pada kriptografi sampai menjalin kerjasama dengan beragam perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang peralatan dan riset.

Hal-Hal Penting Mengenai NSA Amerika Serikat Los Alamos

Anggaran dari pemerintah AS untuk NSA Amerika Serikat Los Alamos ini tentunya sangat banyak mengingat beragam perangkat canggih yang dipergunakan untuk menjalankan beragam kegiatan yang ada. Untuk total anggaran listrik tahunannya saja NSA membutuhkan bisaya lebih dari 31 juta dolar AS atau setara dengan 190 miliar rupiah banyaknya. Layaknya beragam badan ataupun organisasi lainnya, NSA Amerika Serikat Los Alamos ini punya logo khusus yang punya filosofi khususnya. Adapun logo dari badan ini terdiri dari burung elang yang menghadap ke arah kanan dilengkapi dengan lambang perdamaian serta perisai biru dengan garis merah dan putih didalamnya yang melambangkan bendera AS. Burung elang dalam logo NSA ini kukunya mencengkram sebuah kunci yang melambangkan cengkraman NSA yang dilakukan dalam sistem keamanan. Logo dari NSA ini juga mampu melambangkan misi yang dipunyai dalam melindungi maupun membongkar rahasia lewat kunci yang dicengkram. .