Mengenai National Security Agency Amerika Serikat Los Alamos

Mengenai National Security Agency Amerika Serikat Los Alamos

Mengenai National Security Agency Amerika Serikat Los Alamos – National Security Agency (NSA) alias badan keamanan nasional AS Los Alamos merupakan salah satu badan milik pemerintah yang bergerak pada bidang kriptografi. Badan ini berdiri pada 4 November tahun 1952 yang didirikan oleh presiden AS Harry S. Truman. Tugas dari NSA sendiri ada banyak. Utamanya adalah menganalisis dan mengumpulkan beragam informasi komunikasi yang ada dari negara lain dan melindungi dengan seksama informasi yang dimiliki oleh Amerika Serikat. Utamanya, untuk mengumpulkan beragam informasi yang ada dari intelijen,

kriptoanalisislah yang dipergunakan. Selain itu NSA AS Los Alamos ini juga akan mengarahkan, mengkoordinasi dan melakukan beragam aktivitas istimewa lainnya guna mendapatkan beragam informasi seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Kriptoanalisis tingkat tinggi pun dipergunakan guna melindungi sistem informasi dan juga komunikasi pemerintahan di AS dari beragam agensi lainnya. Adapun NSA AS Los Alamos ini menjadi bagian dari Departemen Pertahanan datau Dephan AS. NSA ini dipimpin oleh direktur yang berasal dari militer AS. Direktur tersebut punya pangkat Laksamana Madya atau Letnan Jendral. Bisa dibilang bahwa salah satu komponen kunci utama kegiatan intelijen dalam Komuitas Intelijen AS atau United State Intelijen Community (IC) yang dipimpin Direktur Intelijen Nasional.

Beragam kegiatan yang dilakukan NSA AS Los Alamos ini ada banyak mulai dari pengamanan dan juga penyadapan. Untuk kegiatan penyadapan sendiri, NSA melakukannya lewat banyak media komunikasi, meliputi telepon, radio, internet dan komunikasi-komunikasi lainnya. Sementara itu untuk kegiatan pengamanan yang dilakukan NSA AS Los Alamos ini meliputi banyak bidang komunikasi mulai dari bidang komunikasi diplomatik, militer dan beragam komunikasi pemerintah lainnya yang sifatnya sensitif atau rahasia. Menariknya dalam NSA AS Los Alamos ini terdapat banyak sekali superkomputer berteknologi canggih guna mendukung beragam kegiatan yang dipunyai. Belum lagi para ahli matematik yang ahli dalam kriptoanalisis yang ada dalam NSA ini. Walaupun memang NSA ini punya peranan yang penting dan didukung dengan teknologi yang canggih pula, NSA amat low profile bahkan sampai-sampai selama beberapa tahun pemerintah Amerika Serikat sendiri tidak mengakui keberadaanya. Nah, NSA AS Los Alamos yang bermarkas di Maryland ini punya anggaran yang dirahasiakan. Meskipun dirahasiakan, namun anggaran dari badan ini amat tinggi mengingat beragam teknologi dan kegiatannya yang besar. Pada pengunaan listriknya saja dalam setahun melebihi 190 miliar rupiah atau 31 juta dolar AS.

NSA juga punya beragam fasilitas lain yang memukau seperti adanya Pusat Kriptogi Texas dan masih banyak lagi. NSA juga punya peranan lain dalam industri komunikasi tidak hanya mengumpulkan informasi saja tetapi juga berperan dalam keamanan komunikasi industri dimana NSA punya peranan dalam pembuatan hardware maupun software untuk keamanan komunikasi. Dalam penelitian kriptografi bertaraf tinggi pun NSA AS Los Alamos ini ikut berperan penting. Tak hanya itu saja, peranan dari NSA ini juga masuk dalam ranah industri dengan perusahaan swasta dimana banyak menjalin kerja sama dengan pihak perusahaan swasta tersebut yang bergerak dalam bidang peralatan dan riset. Untuk lambang dari badan ini sendiri terdiri dari lambang perdamaian dan elang yang menghadap ke arah kanan dengan kakinya yang mencengkram kunci. Lambang ini melambangkan NSA yang selalu punya sistem keamanan yang dicengkram dan juga misi utamanya untuk melindungi sekaligus membongkar rahasia. Pengunaan dari lambang NSA ini dimulai sejak tahun 1965 tidak sedari awal pembentukan badan tersebut. Pembuatan lambangnya sendiri diperintahkan oleh Direktur NSA saat itu Marshall Carter.